Thursday, October 21, 2010

Peluang Bisnis yang Memanfaatkan Bidang Informatika


Keterangan Bisnis Saya
Saya bermaksud untuk melebarkan bisnis yang memakai jasa internet untuk penjualan barang-barang. Bisnis yang akan saya pilih untuk dilebarkan adalah bisnis penjualan produk kecantikan “sekar jagad”. Sekar jagad merupakan suatu produk perawatan dari Bali yang diperuntukkan baik wanita maupun pria yang ingin memanjakan dan memelihara kesehatan kulit mereka.
Produk yang dijual berupa lulur mandi dan body butter. Baik lulur mandi maupun body butter memiliki varian wangi-wangian dan fungsi tersendiri. Untuk lulur mandi ada 14  varian yang terdiri dari : green tea, avocado, strawberry, coffee, milk, bengkuang, chocolate, seaweed, lidah buaya, honey and coconut, cendana, boreh rempah, wortel dan pepaya. Sedangkan untuk body butter disediakan 5 macam varian yaitu : milk, strawberry, green tea, red grape dan orchid.

Pasar dan Investor yang Menjadi Sasaran
Investor dari pengembangan rencana bisnis ini adalah para investor lokal yang turut memiliki visi dan misi untuk mengembangkan bisnis ini menjadi suatu bisnis yang lebih sukses. Misalnya, untuk salah satu investor yang menjadi target saya adalah para pengembang jasa perawatan baik salon maupun spa. Selain itu bagi para klinik kecantikan juga dapat menjadi investor yang dapat membantu bisnis ini.
Untuk target pasar, saya utamakan bagi para penduduk lokal Indonesia (mahasiswa, pekerja kantoran, ibu rumah tanga, dll) yang notabene menyukai produk-produk kecantikan yang beraroma rempah asli Indonesia.

Kecenderungan Pertumbuhan Bisnis
Kecenderungan pertumbuhan bisnis ini menurut saya bagus karena, bisnis yang saya kembangkan melalui  internet (maya) dimana penjual tidak mengeluarkan biaya untuk penyewaan tempat berjualan (secara fisik). Selain itu keuntungan lainnya bagi penjual adalah dengan berbelanja di internet, pembeli akan mudah untuk mencari barang yang diperlukannya tanpa harus pergi dari satu tempat ke tempat yang lain.

Kekuatan Harga
Harga yang ditawarkan untuk produk lulur tradisional per-satuan adalah Rp. 10.000,00 , sedangkan untuk body butter per-satuan dijual dengan harga Rp.20.000,00. Harga tesebut berbanding lurus dengan kualitas dari produk yang dijual.
Kualitas produk yang saya kembangkan ini berasal dari produk rumahan yang sebelumnya dijual untuk wilayah di sekitar Bali. Namun, karena banyak respon positif dari pembeli maka penjual meluaskan penjualan produk ke luar wilayah Bali dengan cara menggunakan jasa internet.

Visi dan Tenaga Kerja yang Terkait
Visi saya dalam pengembangan produk kecantikan ini adalah untuk melestarikan budaya Indonesia yang memang sejak dahulu menggunakan bahan-bahan tradisional untuk melakukan perawatan kulit. Mengangkat produk kecantikan yang berbahan dasar asli Indonesia bukanlah suatu hal yang baru, akan tetapi dapat memberikan cara pandang orang agar dapat lebih melestarikan budaya dan produk asli Indonesia.
Untuk sumber daya manusia (tenaga kerja) saya tentukan berasal dari wilayah Bali sendiri. Karena pembuatan produk di Bali, maka akan lebih mudah untuk menjangkaunya. Sedangkan tenaga kerja untuk penjualan di internet saya gunakan dari orang yang biasa bergelut dengan bidang IT, marketing, design dan advertise.

Rencana Iklan dan Promosi
Untuk rencana iklan dan promosi, saya akan menggunakan jasa penyedia iklan untuk mengatur iklan agar dapat dilihat melalui internet, media cetak maupun commercial break. Dengan melalui internet, calon pembeli tidak hanya terbatas pada wilayah Bali saja melainkan dapat diakses untuk wilayah di luar Pulau Bali sekalipun. Promosi pada media cetak melalui majalah-majalah kecantikan maupun majalah fashion dimana terdapat banyak orang yang lebih pedulu terhadap penampilan mereka.

Pembelian dan Kontrol Inventaris
Teknis dalam pembelian produk adalah dengan cara belanja layaknya pada situs e-commerce dimana disediakan cart belanjaan. Jika berbelanja pada situs ini, maka pembeli akan ditawarkan untuk pembelian secara paket. Dimana paket yang disediakan berdasarkan jumlah berat dalam satuan kilogram (minimal 1 kg). Dengan membeli produk dalam paket yang besar, maka pembeli akan menerima potongan harga untuk pengiriman ke wilayah tujuan.
Untuk kontrol inventaris saya akan menyerahkan kepada bagian manajerial dimana mereka bertugas dalam menjaga keutuhan dan kualitas produk sebelum sampai kepada pelanggan.

Kompetisi
Dalam menjalankan bisnis ini saya tidak perlu takut untuk mendapatkan kompetitor dalam bidang yang sama. Karena saya menggunakan tenaga-tenaga ahli dalam bidangnya dan mempercayakan untuk menjalani bisnis ini sebaik mungkin. Selain itu, saya juga melakukan kerja sama bisnis dengan para pe-bisnis lain yang bergelut dalam bidang kecantikan. Dengan demikian bisnis saya akan lancer dalam perjalanannya dan menuai sukses dikemudian hari.

No comments:

Post a Comment