Wednesday, May 5, 2010

Pengantar Teknologi Game (Tugas 1)


Game adalah aktivitas terstrukrut atau semi-terstuktur, yang biasanya dilakukan untuk bersenang-senang dan kadang juga digunakan sebagai alat pembelajaran. Sebuah game bisa dikarakterisasikan dari “apa yang pemain lakukan”.
Genre Computer Game
Video Game saat ini mempunyai banyak jenis console atau peralatan, seperti Nintendo, GameBoy, PC atau komputer, Ps, PS2, PS3, XboX, PSP, NDS< Wii, dan lain-lain. PC termasuk dalam console generasi ketiga selama perjalanan video game console, karena itu jenis console ini mempunyai cukup banyak genre game. Berikut ini adalah genre-genre video game, khususnya yang biasa dimainkan dengan console PC (berdasarkan pengalaman pemain dalam memainkan game tersebut atau yang biasa disebut gameplay).
 
1.    Action Game
                Action Game dikategorikan sebagai gameplay dengan model pertarungan.
a.       Action Adventure Game, berfokus pada eksplorasi dan biasanya mempunyai unsur item gathering, penyelesaian puzzle simpel, dan pertarungan. Contoh dari genre ini termasuk The Legend of Zelda series dan Metroid series.
b.      Stealth Game, termasuk dalam genre game terbaru, biasanya digolongkan dalam mata-mata yang biasa melakukan aksinya secara rahasia. Contoh dari genre ini termasuk Metal Gear series dan Tom Clancy’s Splinter Cell.
c.       Survival Horror Game, berusaha membuat player atau pemain menjadi tegang dan takut dengan elemen-elemen horor. Contoh dari genre ini termasuk Resident Evil series dan Alone in the Dark.
d.      Beat ‘em Up Game, seperti Side-scrolling beat ‘em up game, adalah game combat satu orang melawan banyak musuh yang telah disediakan. Contoh dari genre ini termasuk Dynasty Warriors series dan Final Fight.
e.      Fighting Game, adalah pertarungan dua player dengan jurus-jurus yang bisa dikeluarkan deengan menekan beberapa tombol pada keyboard dengan urutan tertentu. Contoh dari genre ini termasuk Street Fighter II dan Tekken series.
f.        Maze Game, membutuhkan kecepatan berpikir dan bereaksi, serta berunsur ketepatan menavigasi. Contoh dari genre ini termasuk Pac-man.
g.       Platform Game, atau platformers, adalah game dengan gameplay berlari, melompat, mengayun, naik tangga, dan sebagainya. Contoh dari genre ini termasuk Donkey Kong, Sonic the Hedgehog, Mario dan Rayman.
h.      Shooter
·         First-Person Shooter Game
·         Massively multiplayer online first person shooter Game
·         Third-person shooter Game
·         Tactical shooter Game
·         Light-gun Game
·         Shoot ‘em up Game

 
2.    Adventure Game
                Gameplay jenis ini adalah keharusan memecahkan bermacam-macam puzzle melalui interaksi dengan orang lingkungan dalam game tersebut.
a.       Text adventure/Interactive fiction Game, dimana player akan menggunakan keyboard untuk mengetikkan perintah berupa “get rope” atau “go west”, dan komputer akan menganalisa perintah tersebut dan akan menjalankan karakter sesuai perintah tersebut.
b.      Graphical adventure Game, merupakan perkembangan dari genre diatas. Dengan adanya mouse, player dapat menggerakkan ikon tangan ke sebuah tali dan meng-kliknya untuk mengambil tali tersebut.
c.       Visual novel Game, mempunyai beberapa ending yang berbeda, memberi player keleluasaan untuk memilih jalan ceritanya dan mendapatkan bermacam-macam ending.
d.      Interactive movie Game, mempunyai full-motion cartoons atau rangkaian live-action dari karakter yang dimainkan oleh player. Contoh dari genre ini termasuk Dragon’s Lair, Space Ace dan Night Trap.
e.      Dialog Game, dimana player akan mengalamai kemajuan tergantung pada apa yang mereka katakan. Contoh dari genre ini termasuk Law and Order : The Vengeful Heart.
3.    Role-Playing Game
                Computer role-playing games atau CRPGs atau RPGs mempunyai gameplay dimana milik player akan bertualang dengan skill combat atau cast spell dalam cerita game.
a.       Ation Role-Playing Game
b.      Massively multiplayer online role-playing Game
c.       Tactical role-playing Game
4.    Simulation Game
                Genre ini bertujuan untuk memberi pengalaman melalui simulasi.
a.       Costructive and management simulation Game, disingkat CMSs, adalah tipe game simulasi dimana player harus mendirikan, memperluas, atau mengelola komunitas atau proyek fiksi. Contohnya City-Building Game, Economic-simulation Game, God Game dan Government simulation Game.
5.    Strategy Game
                Strategy game berfokus pada gameplay dimana dibutuhkan pemikiran yang tepat agar dapat meraih kemenangan. Contohnya adalah Real-time strategy game (Warcraft series), Tactical Game (Warkhammer : Dark Omen), 4X Game (Galactic Civilizations) dan Artillery Game (Gunbound)
6.    Vehicle Simulation Game
           Genre ini juga merupakan simulasi yang berusaha memberikan player sebuah pengalaman realistik mengendari kendaraan-kendaraan tertentu. Contohnya adalah Flight Game (Falcon 4.0), Racing Game (Need For Speed), Space Game (Star Wars), Train Game ( Rail Simulation) dan Vehicular Combat ( RoadBlasters and Mecha).


Rating User


Masalah hubungan yang mungkin antara kekerasan dalam game komputer dan kecenderungan meningkatnya perilaku antisosial dalam masyarakat adalah sebuah perdebatan yang sedang berlangsung. ESRB adalah badan regulator mandiri untuk industri perangkat lunak hiburan interaktif yang didirikan tahun 1994 oleh Entertainment Software Association (ESA), sebelumnya Interactive Digital Software Association (IDSA). ESRB independently applies and enforces ratings, advertising guidelines, and online privacy principles adopted by the computer and video game industry. The Entertainment Software Rating Board (ESRB) ratings are designed to provide information about video and computer game content, so consumers can make informed purchase decisions. ESRB independen berlaku dan melaksanakan rating, panduan periklanan, dan prinsip privasi online diadopsi oleh industri komputer dan permainan video). The Entertainment Software Rating Board (ESRB peringkat dirancang untuk memberikan informasi mengenai isi video dan game komputer, sehingga konsumen dapat membuat informasi pembelian keputusan. peringkat ESRB memiliki dua bagian: simbol rating menyarankan kelayakan usia untuk permainan, dan konten deskriptor menunjukkan unsur-unsur dalam permainan yang mungkin telah memicu peringkat tertentu dan / atau mungkin menarik atau masalah.


Sumber :
http://digilib.petra.ac.id/ 
http://www.out-law.com/

No comments:

Post a Comment