Sunday, December 27, 2009

Pemodelan Tata letak



Pada topik kali ini, kita akan belajar mengaplikasikan teori yang telah dibahas sebelumnya menjadi suatu pemodelan tata letak dengan 3ds max 7.
Berikut merupakan langkah-langkah yang untuk membuat pemodelan tersebut dibutuhkan beberapa objek yaitu, meja, teko dan beberapa hiasan.
Objek Meja
1.     Pertama kita buat sebuah meja dengan menggunakan create geometry → extends primitive → C-ext.

2.     Setelah itu, buat objek pada perspective view.





3.     Rotasikan objek menjadi suatu meja yang berdiri tegak, klik kanan pada objek → rotate.


 Setelah dirotasikan, maka akan menjadi seperti dibawah ini.


 
Objek Teko
1.     Buat objek teko dengan menggunakan submenu standart primitive → teapot.



2.     Gambarkan objek pada perspective view.



3.     Atur ukuran teko dengan menggunakan scale.






 Menjadi seperti dibawah ini.


Objek Hiasan
1.     Langkah ini memanfaatkan submenu compound objects → BlobMesh.


2.     Gambarkan hiasan tersebut pada perspective view seperti berikut. 


3.     Atur besar kecilnya dengan menggunakan scale.


 
Ketiga macam objek tersebut kita coba untuk gabungkan menjadi suatu tata letak yang baik dengan menggunakan menu group → group.
Hasilnya kira-kira seperti dibawah ini.





Jika di run (F9) menjadi seperti ini.










Sekian pembahasan tentang topik pemodelan tata letak, semoga bermanfaat.


 

    
 

No comments:

Post a Comment